Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109, 20 Mei 2017, diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Semangat kebangkitan nasional tidak boleh memudar, namun justru semakin penting bagi kehidupan berbangsa kita hari ini. Semangat itu sudah tercetus 109 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo, namun hingga saat ini tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati bangsa Indonesia.

Sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual melalui pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa. Proses perjuangan mereka yang dilanjutkan oleh para pejuang lain telah menghasilkan lahirnya bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita kenal sekarang ini.

Pada hari ini Senin, 22 Mei 2017, bertempat di depan halaman parkir gedung Fakultas seluruh pegawai kantor Pusat Univesitas Terbuka (UT) melaksanakan upacara peringatan Harkitnas ke-109 yang dipimpin oleh Pembina upacara, Pembantu Rektor (PR) II Dra. Dewi A. Padmo P. M.A., Ph.D. Tema Harkitnas ke-109 ini adalah “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”. Tema ini mengandung pesan yang tepat dan seyogyanya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan bangsa.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang disampaikan oleh Pembina upacara yaitu Satu abad lebih sejak organisasi digagas telah memunculkan dimensi baru dalam lanskap sosial budaya seluruh umat manusia. Perubahan besar telah terjadi, yang jika boleh kita rangkum dalam satu kata, kiranya “digitalisasi” adalah kata yang tepat. Dengan inovasi digital, mungkin kita dihadapkan pada kejutan-kejutan dan tatacara baru dalam berhimpun dan berkreasi. Sebagian menguatkan, namun tak kalah juga yang mengancam ikatan-ikatan kita dalam berbangsa. Satu hal yang pasti, kita harus tetap berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa di tengah gempuran lawan-lawan yang bias jadi makin tak kasat mata. Justru karena itulah kita tak boleh meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial. Semoga kita semua dapat meniti ombak besar perubahan digital dengan selamat dan sentosa serta berbuah manis bagi orientasi pelayanan kepada masyarakat. Hanya dengan semangat untuk tidak meninggalkan satu orang pun tercecer dalam gerbong pembangunan maka NKRI ini akan tetap jaya.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke 109. Salam #IndonesiaBangkit!

Alamat kami

UPBJJ Layanan Luar Negeri

Universitas Terbuka,

Gedung BAUK lantai 2,

Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang

Tangerang Selatan 15418,

Banten, Indonesia

Telp: 021-7490941

Ext : 2502

Faks: 021-74712237

Jam kerja: Senin - Jumat. Pukul: 08.00-16.00 WIB

 

© 2017 UPBJJ Layanan Luar Negeri.

Search