PPMLN UT Wisuda 29 PMI di Arab Saudi

Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN) UT mewisuda sebanyak 29 mahasiswa yang tinggal di Arab Saudi. Prosesi wisuda ini sebagai bentuk perwujudan dukungan KJRI Jeddah Arab Saudi dan Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN) UT. Wisuda kali ini menjadi momentum penting bagi UT karena untuk pertama kalinya dapat dilaksanakan di Arab Saudi.

"Berbagai tantangan dan kendala sebagai pembelajar jarak jauh, apalagi ini di luar negeri, tentu banyak sekali hambatan yang harus diatasi dan itu sangat tidak mudah. Perjuangan yang sangat panjang dan melelahkan itu akhirnya pada saat ini Bapak dan Ibu dapat memetik hasilnya," tutur Rektor UT, Ojat Darojat, dalam wisuda yang dilaksanakan secara hibrida, Sabtu (19/11/2022).

Kepala PPMLN UT, Pardamean Daulay, dalam sambutannya mengaku, momentum wisuda kali ini sangatlah spesial. Sebab, untuk pertama kalinya upacara wisuda UT dapat dilaksanakan di Arab Saudi. Karena itu, kata dia, momentum wisuda kali ini juga akan tercatat dalam sejarah UT.

"Kita patut bersyukur kegiatan wisuda kali ini dapat terlaksana berkat bantuan dan dukungan Konsulat Jenderal RI Jeddah bersama pengurus Pokjar UT yang ada di Jeddah, Mekah, Madinah, dan Riyadh," kata dia.

Dia kemudian menyampaikan, jumlah mahasiswa UT yang aktif di luar negeri sampai tahun 2022 ada sebanyak 2.603 orang yang tersebar di 45 negara. Di Arab Saudi sendiri, jumlah mahasiswa ada sebanyak 245 orang dengan rincian di Jeddah 86 orang, di Madinah 24 orang, di Mekah 40 orang, dan di Riyadh 54 orang.

"Sekali lagi saya sampaikan selamat atas kerja dan usaha yang telah dilakukan. Semoga gelar sarjana yang telah diperoleh akan menjadi batu loncatan untuk kesuksesan saudara di masa yang akan datang," jelas dia.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/rllajc436/universitas-terbuka-wisuda-...

wisuda_arab.jpg

Lulusan yang mengikuti kegiatan wisuda berjumlah 29 orang dari berbagai program studi, yaitu Ilmu Pemerintahan 1 orang, Ilmu Administrasi Bisnis 4 orang, Manajemen 9 orang, Ilmu Komunikasi 7 orang, Akuntansi 1 orang, Pendidikan Ekonomi 1 orang, Pendidikan Kewarganegaraan 1 orang dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan 5 orang. Lulusan terbaik pada wisuda di Arab Saudi adalah sebagai berikut :

1. Dina Dinarti, UT Pokjar Jeddah, Program Studi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan, IPK 3.50

2. Areej Najeeb Omar, UT Pokjar Jeddah, Program Studi Ilmu Komunikasi, IPK 3.33

3. Laeli Nurlaeli, UT Pokjar Riyadh, Program Studi Ilmu Komunikasi, IPK 3.32

Sumber : https://edukasi.sindonews.com/read/945897/211/wisuda-ut-di-arab-saudi-29...

Terdapat juga berita di sumber : https://www.antaranews.com/berita/3254165/ut-wisuda-29-pekerja-migran-di...