Puluhan Pekerja Migran Indonesia Wisuda di UT-Hong Kong

whatsapp_image_2022-07-18_at_09.03.07.jpeg

Tangerang Selatan – Sebagai bentuk perwujudan dukungan dari KJRI di Hong Kong dan Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri Universitas Terbuka (PPMLN-UT), pada tanggal 17 Juli 2022 menyelenggarakan Wisuda untuk Kelompok Belajar UT Hong Kong secara virtual melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung UT TV. Kegiatan wisuda di Hong Kong dihadiri oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., P.hD, Kepala BP2MI yang diwakili oleh Kepala Pusat Sumber Daya Manusia (PSDM) BP2MI Bapak Bapak Ahnas, S.Ag, M.Si, Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong: Bapak Ricky Suhendar, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing, Bapak Yaya Sutarya, Konsul Pensosbud KJRI Hong Kong, Ibu Thedora Elfani Prassanti, General Manager BNI Hong Kong, Ibu Endah Tjahyani, Kepala Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN), Bapak Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si, Ketua Pengurus IKA UT Wilayah Luar Negeri, Ibu Ratih Indah Lestari, SM, dan Pengurus Pokjar UT Hong Kong, Ibu Natma Emy, S.S.

Kegiatan Wisuda Hong Kong ini dibuka oleh Kepala Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN-UT), Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si. Kegiatan dilanjutkan dengan laporan Koordinator Pokjar Hong Kong Ibu Natma Emi Loga, Beliau menyampaikan lulusan yang mengikuti kegiatan wisuda berjumlah 28 orang dari berbagai program studi, yaitu Ilmu Hukum 2 orang, Ilmu Administrasi Bisnis 3 orang, Manajemen 9 orang, Ilmu Komunikasi 4 orang, Akutansi 2 orang, dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan 8 orang. Ibu Natma Emi Loga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UT Bapak Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D beserta jajaran, Duta Besar Republik Indonesia di Beijing, melalui atase Pendidikan Bapak Yaya Sutarya, Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong: Bapak Ricky Suhendar, Konsul Pensosbud KJRI Hong Kong, Ibu Thedora Elfani Prassanti dan jajaran, dan Kepala PPMLN Bapak Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si dan staf yang telah menyelenggarakan pendidikan jarak jauh terbaik sehingga Pokjar UT Hong Kong dapat memberikan layanan terbaik pada mahasiswa dalam kelancaran menyelesaikan studi di Hong Kong. Ucapan terima kasih untuk Bank BNI Hong Kong yang senantiasa memfasilitasi gedung untuk kegiatan UT seperti OSMB dan Wisuda.

Kepala PPMLN-UT , Dr. Pardamaian Daulay, S.Sos,. M.Si. mengatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan pendidikan di Hong Kong yang merupakan wujud dan perhatian yang luar biasa untuk para mahasiswa yang wisuda saat ini.  Kegiatan wisuda ini dapat menjadi pemantik semangat pekerja migran Indonesia lain untuk mengikuti jejak sukses meraih gelar sarjana. "Kini oleh-oleh yang akan saudara bawa pulang ke Indonesia bukan hanya dalam bentuk uang tabungan, tetapi kali ini saudara (juga) akan membawa gelar sarjana. Semoga gelar sarjana yang saudara peroleh dapat menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

Rektor UT: Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D  menyampaikan memasuki usia ke-38 tahun UT akan terus berkomitmen dan terus berinovasi dalam mewujudkan misi program pendidikan tinggi untuk semua. Perluasan daya jangkau layanan menjadi concern utama UT untuk melayani masyarakat baik di Indonesia maupun di luar negeri. Dengan daya jangkau yang luas, yang didukung 39  Kantor UPBJJ-UT dan 1 (satu) Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri, UT sangat optimis mampu memperlebar sayap di luar negeri agar para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dapat bekerja sambil kuliah. Harapannya, jumlah mahasiswa UT di luar negeri semakin tersebar.

Konjen RI Hong Kong Ricky Suhendar menyampaikan bahwa jatuh bangun membagi waktu antara bekerja dan belajar bukan hal yang sangat mudah, hal itu menjadi bukti nyata pentingnya komitmen, disiplin diri, dan ikhtiar yang luar biasa untuk mencapai cita-cita ke depan. Anda adalah role model bagi pekerja migran Indonesia lainnya. Anda telah berhasil menjadi contoh bahwa optimisme harus kita pelihara dan kita tumbuh kembangkan untuk menebarkan semangat positif bagi rekan-rekan pekerja migran di Hong Kong.

Kepala BP2MI yang diwakili oleh Kepala Pusat Sumber Daya Manusia (PSDM) BP2MI Bapak Ahnas, S.Ag, M.Si menyampaikan Pekerja Migran Indonesia adalah pahlawan devisa dan merupakan pejuang yang luar biasa. BP2MI memberikan dukungan kepada para PMI yang berada di mancanegara untuk mengikuti kuliah di UT ditengah kesibukan mereka bekerja. UT dan BP2MI telah melakukan kerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas para PMI di luar negeri agar menempuh pendidikan secara jarak jauh melalui UT, diharapkan setelah kembali ke tanah air para PMI yang telah memperoleh gelar Sarjana UT, akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membuka usaha dan menjadi penggerak usaha di kampung halaman mereka.

Dalam kesempatan tersebut, diumumkan pula para lulusan terbaik wisuda UT Hong Kong 2022:

  1. Nunik Choiru Nikmah, Ilmu Komunikasi (IPK 3,72)
  2. Nurhidayah, Ilmu Administrasi Bisnis (IPK 3,50)
  3. Ainul Hidayah, Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan (IPK 3,45)

Kegiatan selanjutnya prosesi wisuda Hong Kong Tahun 2022 hingga acara selesai da ditutup dengan doa bersama.

Penulis : Prayoga Nugraha