Sosialisasi dan Promosi Program Pascasarjana UT Saudi Arabia

Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN) - Universitas Terbuka (UT) menggelar acara sosialisai dan promosi program Pascasarjana (S2) untuk WNI yang berada di negara saudi arabia pada hari Selasa 25 januari 2022 secara online melalui aplikasi zoom. Pelaksanaan sosialisai dan promosi program Pascasarjana diikuti sebanyak 45 orang peserta yang juga berprofesi sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

2022-01-25_183751.jpg

Acara soialisai dan promosi program pascasarjana dibuka oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Arab Saudi Bpk. Badrus sholeh, Ph.D, Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi program pasca sarjana UT di luarnegeri oleh Bpk. Pardamean Daulay selaku kepala Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri Universitas Terbuka.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Arab Saudi Bpk. Badrus Sholeh, Ph.D menyampaikan bahwa Atdikbud KBRI Riyadh siap mendukung program UT S1, S2 dan S3 di Saudi Arabia dan kawasan teluk. “Kami mendorong agar guru dan tenaga pendidik SILN Arab Saudi yang belum linear mengambil studi S1, bagi yang sudah sarjana segera mengambil studi S2, dan bagi yang S2 segera mengambil program Doktor di UT. Bagi guru yang sudah S2 dan S3 bisa sambil mengajar di perguruan tinggi di Indonesia, atau mengembangkan karirnya di seluruh dunia”.

2022-01-25_190007.jpg

Kepala PPMLN UT, Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa UT Arab Saudi memiliki mahasiswa cukup besar yaitu 93 mahasiswa dengan rincian sebagai berikut: 37 mahasiswa (Makkah-Jeddah), 19 mahasiswa (Madinah), dan 35 mahasiswa (Riyadh).

2022-01-25_184817_0.jpg

“Contoh sangat baik adalah Pak Mustaqim, guru SIR, mengambil UT program sarjana tahun 1990an. Saat itu belum banyak yang berminat studi melalui UT secara serius dan menyelesaikan studinya tepat waktu. Pak Mustaqim segera setelah selesai S1 di UT, mendapat peran lebih besar di SIR. Selain posisi, pak Mutaqim bisa memenuhi persyaratan dasar staf pengajar SILN Saudi Arabia yaitu Sarjana (S1)”.

PPMLN-UT Indonesia senantiasa membantu dan bekerjasama dengan UT pokjar Saudi Arabia, baik pendidikan, pengajaran, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Tantangan bagi pengurus, organisasi mahasiswa dan staf pengajar Universitas Terbuka Indonesia di Arab Saudi untuk lebih aktif menjangkau kerjasama dengan counterpart pendidikan tinggi di Saudi Arabia.

Selamat dan sukses bagi peserta dan calon mahasiswa UT. Semoga mendapatkan kemudahan dan keberkahan dalam berniat tolabul ilmi. Semoga Allah SWT selalu bersama kita semua dalam memajukan pendidikan Indonesia.