Tarik Minat PMI Jabar, PPMLN UT Gelar Sosprom di Bandung

BANDUNG -- Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri Universitas Terbuka (PPMLN UT) menggelar Sosialiasi Promosi UT dan Retraining Instruktur  OPP Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Kegiatan yang diadakan di Hotel Tebu, Bandung, pada 21 sampai 22 Oktober lalu itu, dihadiri 50 peserta secara langsung.

Ada pula yang hadir secara daring lewat aplikasi Zoom sekitar 100 peserta. Tak hanya terdiri dari instruktur BP2MI wilayah Bandung, peserta pun meliputi perwakilan berbagai UPT BP2MI di wilayah Jawa Barat. 

bandung.pngbandung_dsktp_sosprom.png

Pada hari pertama Sosialisasi Promosi (Sosprom), Kepala PPMLN UT Dr Pardamean Daulay S.Sos M.Si menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan partisipasi mahasiswa UT Luar Negeri. Caranya, lewat edukasi dan informasi tentang layanan UT sekaligus melatih para tenaga instruktur BP2MI agar dapat menyampaikan informasi tentang layanan UT kepada calon Pekerja Migran Indonesia yang akan berangkat ke luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Arab Saudi, Polandia, dan Brunei Darussalam. 

Setelah sambutan, Dr Pardamen langsung memberikan materi mengenai Pengenalan Sistem Jarak Jauh Universitas Terbuka kepada para peserta. Materi berikutnya, disampaikan oleh Dina Arianti S.pd tentang Sistem dan Teknis Layanan Pendidikan UT.

Tak selesai di situ, Etty Susanty S.E M.Si melanjutkan dengan materi terakhir yakni Sistem Pembelajaran di UT. Seluruh peserta, baik yang hadir langsung maupun via Zoom, tampak memperhatikan materi secara serius.

bandung2.jpg

Pada hari kedua Sosprom, Kepala PPSDM BP2MI Ahnas S.Ag M.Si berharap, kegiatan itu bisa dilanjutkan di berbagai wilayah kerja BP2MI di seluruh Indonesia. Menurutnya, semakin banyak instruktur yang menyampaikan tentang UT dan mengajak pekerja migran menjadi mahasiswa UT, maka akan semakin banyak yang berminat.

Acara pun diakhiri dengan pemberian cinderamata serta foto bersama. Tak lupa, link sertifikat dibagikan ke para peserta.

whatsapp_image_2021-11-16_at_11.05.00.jpegwhatsapp_image_2021-11-16_at_11.05.01.jpeg

Penulis : Iit Septyaningsih

Foto : Doc_PPMLN_2021