Upacara Wisuda 34 Mahasiswa UT Korea Selatan Berjalan Lancar di Tengah Pandemi

whatsapp_image_2021-12-15_at_18.17.50_1.jpeg4.jpg

JAKARTA -- Sebanyak 34 mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Pokjar Korea Selatan diwisuda pada Minggu (19/12). Meski upacara wisuda digelar secara daring, namun tetap berlangsung khidmat.

Sebanyak 24 wisudawan di antaranya merupakan lulusan Manajemen. Lalu sebanyak delapan lainnya dari jurusan komunikasi, dan dua sisanya lulus dari jurusan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan. 

Kepala Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN) UT Dr Pardamean Daulay S.Sos M.Si mengatakan, wisuda atau Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) kali ini terasa istimewa dibandingkan sebelumnya, karena dilakukan lewat daring. Seperti diketahui, penyebaran Covid-19 yang belum teratasi tak memungkinkan banyak orang di dalam satu ruangan.

Selain mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati, ia pun berterima kasih kepada Deputy General Manager BNI Seoul Ardi Ferdiansyah karena telah memberikan bantuan berupa beasiswa kepada mahasiswa UT di Seoul yang berprestasi. "Ini wujud perhatian luar biasa bagi para wisudawan. Semoga lewat wisuda dan bantuan dari BNI bisa memacu semangat Pekerja Migran Indonesia (PMI) mengikuti jejaknya kawannya," ujar Pardamean dalam sambutannya di awal UPI UT Pokjar Korea Selatan.

1.jpg

Penyelenggaraan wisuda tersebut, kata dia, bertepatan dengan Hari Pekerja Migran Internasional yang diperingati setiap 18 Desember. Maka diharapkan, upacara wisuda ini bisa menjadi kado istimewa bagi 34 wisudawan.

Seperti diketahui sebagian besar mahasiswa UT di Korea Selatan merupakan PMI. "Kini oleh-oleh yang saudara bawa pulang bukan hanya tabungan atau remitansi seperti biasa Anda digelari Pahlawan Devisa Negara, tapi juga gelar sarjana yang semoga bisa menjadi batu loncatan di masa mendatang," tuturnya.

Sebagai informasi, jumlah mahasiswa UT di luar negeri sampai 2021 sebanyak 2.245 orang, tersebar di 45 negara. Sebanyak 202 di antaranya berada di Korea selatan.

2.jpg

Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul Zelda Wulan Kartika turut memberi selamat kepada para wisudawan serta wisudawati. "Saya kagum dengan mahasiswa UT Korea Selatan yang sehari-hari bekerja tapi masih berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi," tuturnya pada kesempatan serupa.

Menurutnya, keinginan itu nyata. Tak sekadar niat atau hanya dipendam. Apalagi, tak mudah membagi waktu belajar di tengah kesibukan bekerja.

Zelda menjelaskan, menjadi sarjana bermakna penting, sebab tak hanya ilmunya bertambah, wawasannya meningkat, atau memiliki peluang karir lebih besar. Melainkan turut berkontribusi bagi pembangunan Society 5.0 di Indonesia.

"Berdasarkan proyeksi, pada 2045 ekonomi Indonesia berada pada posisi keempat terbesar di dunia. Untuk mencapainya ada empat pilar, salah satunya pertama dan yang utama yaitu manusia Indonesia yang unggul, berbudaya, juga menguasai pengetahuan dan teknologi," jelas dia.

3.jpg

Zelda yakin mahasiswa UT di Korea Selatan telah sudah disiapkan pengetahuan luas serta penguasaan teknologi. Ia turut meyakini, mahasiswa UT di Korea Selatan lebih unggul karena didukung dengan akses teknologi yang andal serta pembelajaran dari budaya masyarakat Korea Selatan yang disiplin, kerja keras, dan tepat waktu.

Usai sambutan dari Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Korea (Perpika) Tyasarumranani Widiastuti, upacara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Rektor tentang Pengukuhan Kelulusan/Yudisium serta pengumuman lulusan terbaik. Berikutnya pelantikan wisudawan dilakukan.

Pemandu acara memanggil nama wisudawan satu persatu sesuai urutan di Zoom. Berikutnya pengambilan Janji Sarjana oleh perwakilan wisudawan diikuti seluruh wisudawan lainnya, lalu menyanyikan Mars Universitas Terbuka.

UPI dihadiri pula secara virtual oleh Wakil Rektor IV Universitas Terbuka Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Rahmat Budiman S.S M.Hum Ph.D. kemudian disaksikan oleh Direktur Penempatan Kawasan Amerika dan Pasifik Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Yana Anusasana Dharma Erlangga. 

Penulis : Iit Septyaningsih